Senin, 13 November 2023

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1

PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MODEL 4 C: CONNECTION, CHALLENGE, CONCEPT, CHANGE

Oleh :
Achmad Falichul Hidayat, S.Kom
SMP Negeri 2 Lamongan
CGP Angkatan 9 Kab. Lamongan, Jawa Timur

Jurnal refleksi dwimingguan ini saya tulis setelah berpartisipasi dalam proses pendidikan Angkatan ke-9 Guru Penggerak. Jurnal ini berkaitan dengan pemahaman saya terhadap Modul 2.1 "Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Murid". Dalam menyusun jurnal ini, saya mengadopsi model 4F yang meliputi Fakta (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (temuan/pembelajaran), dan Future (rencana tindakan).

Berikut ini hasil refleksi saya selama mengikuti Pendidikan guru penggerak Angkatan 9 selama dua minggu ini:

Fact (Peristiwa)

Dalam dwi mingguan kelima, dari tanggal 20 oktober hingga 2 nopember 2023, seluruh Calon Guru Penggerak Angkatan 9 mempelajari Modul 2.1 dan mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan di LMS (Learning Management System) sesuai jadwal yang telah ditentukan, dipandu oleh Pengajar Praktik, Fasilitator, dan Instruktur. Pelatihan ini mengikuti alur MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata.

Kegiatan diawali dengan mengerjakan Pre-test paket modul 2 dan dilanjutkan dengan mempelajari Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep dengan moda mandiri pada tanggal 20 oktober 2023.

Eksplorasi Konsep dilanjutkan pada tanggal 23-24 oktober 2023 melalui Forum Diskusi. Dalam eksplorasi konsep ini, banyak konsep diperoleh, termasuk disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi.

Video Conference di alur Ruang Kolaborasi sesi 1 dilaksanakan pada hari rabu, tanggal 25 Oktober 2023, pukul 15.00 s.d 17.45 WIB. Kelas dibagi menjadi 4 kelompok sesuai jumlah kasus yang akan dianalisis dalam diskusi. Saya termasuk kelompok 4 (SMA/SMK) bersama rekan Calon Guru Penggerak (CGP) lainnya, yaitu Pak Slamet, dan Ibu Iza. Kelompok ini berdiskusi untuk menganalisis kasus penerapan disiplin positif, yang kemudian dipresentasikan pada Video Conference alur Ruang Kolaborasi sesi 2 pada hari kamis, tanggal 26 oktober 2023, pukul 15.00 s.d 17.45 WIB.

Demonstrasi Kontekstual dilaksanakan pada tanggal 27 oktober hingga 1 nopember 2023. Di bagian ini saya saya menyusun RPP untuk pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Informatika dan fokus pada materi Sistem Komputer kelas VII.

Pada hari selasa, tanggal 31 Oktober 2023, pukul 15.30 s.d 17.00 WIB, saya mengikuti sesi elaborasi pemahaman melalui Video Conference (vcon) bersama Instruktur, Ibu Reni Nurhapsari (201511896810@guruku.id). Dalam sesi ini, saya sangat bersyukur karena mendapat panduan yang sangat jelas dari instruktur yang luar biasa, Ibu Desi Andriani. Beliau memberikan gambaran yang sangat terperinci tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Ketika saya menyusun koneksi antar materi, saya menyadari bahwa semua materi yang telah saya pelajari dari modul 1.1 hingga 2.1 sangat erat kaitannya dengan prinsip memberikan prioritas pada proses pendidikan kepada para murid.

Sebagai tindakan nyata yang telah saya lakukan, saya telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas VII SMP dalam pelajaran Informatika.

Feeling (Perasaan)

Saya merasa sangat bersyukur memiliki kesempatan untuk memperdalam pemahaman tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Materi dan interaksi dengan rekan-rekan telah membuat saya semakin termotivasi untuk mengimplementasikan pendekatan ini dalam pengajaran saya.

Saya merasa optimis dan antusias untuk menjalankan pembelajaran yang lebih mendukung kebutuhan belajar individu murid saya. Terlibat dalam sesi ruang kolaborasi dan berdiskusi dengan kelompok telah memperkaya pemahaman saya, dan saya merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan dalam mengelola keragaman di kelas.

Finding (Pembelajaran)

Dalam modul ini, saya belajar bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi adalah upaya guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan belajar individu murid. Kunci utama dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah merespon kebutuhan belajar murid dengan cermat. Penting untuk memiliki tujuan pembelajaran yang jelas, merencanakan respons terhadap kebutuhan belajar murid, menciptakan lingkungan belajar yang mengundang, mengelola kelas dengan efektif, dan melakukan penilaian berkelanjutan.

Saya juga memahami bahwa kebutuhan belajar murid dapat dikategorikan dalam tiga aspek: kesiapan belajar, minat, dan profil belajar. Kesiapan belajar adalah kapasitas murid untuk mempelajari materi baru, minat adalah faktor psikologis yang memengaruhi motivasi belajar, dan profil belajar adalah cara unik murid dalam memproses informasi.

Dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi, saya menemukan tiga strategi utama: diferensiasi konten (mengubah materi pembelajaran), diferensiasi proses (mengubah cara pembelajaran disampaikan), dan diferensiasi produk (mengubah tugas atau penilaian). Saya merasa sangat tertarik untuk mengimplementasikan strategi ini dalam kelas saya.

Future (Penerapan)

Setelah menyelesaikan modul ini, saya berencana untuk melakukan asesmen formatif awal untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar individu murid. Saya juga akan merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran yang saya ajarkan. Saya berharap dapat berkolaborasi lebih intensif dengan rekan guru, terutama mereka yang memiliki pengalaman dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Selanjutnya, saya akan berusaha untuk membagikan praktik baik saya dengan rekan-rekan sejawat agar keberpihakan pada murid dan pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi budaya di sekolah kami. Saya yakin bahwa pengembangan diri ini akan membantu saya menjadi guru yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan belajar murid.

Demikian refleksi dwi mingguan saya tentang Modul 2.1 mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi. Melalui perjalanan ini, saya berharap dapat terus tumbuh dan memberikan dampak positif pada pembelajaran di sekolah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Salam Guru Penggerak!

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan

Share this

0 Comment to "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1"

Posting Komentar