Senin, 13 November 2023

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2

Nilai dan Peran Guru PenggeraK
Oleh :
Achmad Falichul Hidayat, S.Kom
SMP Negeri 2 Lamongan
CGP Angkatan 9 Kab. Lamongan, Jawa Timur

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Tulisan/jurnal pengalaman ini merupakan refleksi diri setelah saya mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan. Dalam menulis jurnal refleksi ini, saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan). Berikut adalah jurnal refleksi dwimingguan Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.

1. Facts (Peristiwa)

Peristiwa: Ini adalah serangkaian kejadian/kegiatan yang terjadi selama dua minggu dalam mempelajari Modul 1.2. Pada tanggal 1 September 2023, saya mulai mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Saya mengikuti alur M-E-R-D-E-K-A, yaitu:

  • Mulai dari Diri: Saya memulai mempelajari modul 1.2 dengan membuka tautan "Mulai dari Diri." Konsep ini bertujuan untuk memahami konsep diri sendiri. Dengan mengenal diri dan memahaminya, kita dapat merespons suatu hal dengan lebih baik, bukan sekadar terpengaruh oleh situasi atau emosi. Saya mendapat tugas untuk membuat trapesium usia dan menjelaskan isi dari trapesium usia tersebut. Selain itu, saya juga memaparkan peran saya sebagai guru penggerak. Dalam kegiatan ini, saya diberikan tugas untuk menggambarkan diri saya sebagai guru penggerak di masa depan. Tugas ini mencakup peran saya sebagai guru penggerak di sekolah.
  • Eksplorasi Konsep : Pada tanggal 4 September 2023, saya memulai pembelajaran pada bagian eksplorasi konsep, fokus pada topik utama yaitu Nilai Kemanusiaan: Kebajikan Universal. Materi ini terdiri dari tiga subtopik, yakni: 1) Bagaimana Manusia Tergerak, 2) Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak, dan 3) Bagaimana Menggerakkan Manusia: Menuntun Kekuatan Kodrat Manusia. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan forum diskusi mengenai nilai dan penerapan peran Guru Penggerak di sekolah. Dalam forum diskusi, peserta diharapkan dapat memaparkan ide dan konsep pemahaman serta merespons ide peserta CGP lainnya.
  • Ruang Kolaborasi : Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok, dan sesi kedua adalah presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh Ibu Ninik Widayanti, S.Pd., M.Pd selaku Fasilitator. Kegiatan ruang kolaborasi sesi pertama ini dilaksanakan secara daring melalui Gmeet pada Hari Rabu tanggal 6 September 2023 pukul 15.30 - 17.45 WIB. Sementara itu, presentasi hasil diskusi pada ruang kolaborasi dua dilaksanakan pada hari Kamis, 7 September 2023 pukul 18.00 - 20.15 WIB.
  • Demonstrasi Kontekstual : Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tugas untuk menggambarkan diri saya sebagai guru penggerak di masa depan. Dalam tugas ini memaparkan peranan sebagai guru penggerak yang dilaksanakan disekolah. 
  • Elaborasi Pemahaman : Saya melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Gmeet pada hari Selasa, 12 September 2023, pukul 13.00 - 14.30 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah Bapak Suhada (201512408628@guruku.id). Berikut kegiatan ruang elaborasi pemahaman. Terkait kegiatan ini, saya juga mendapatkan tugas untuk menggambarkan diri saya sebagai guru penggerak di masa depan, memaparkan peranan guru penggerak yang akan dilaksanakan di sekolah.
  • Koneksi Antar Materi : Dalam kegiatan ini, saya mengaitkan antarmateri dari modul 1.1 dan modul 1.2. Tugas dalam bagian ini adalah membuat refleksi dengan model 4P. 
  • Pendampingan Individu 1 : Selain mengikuti alur M-E-R-D-E-K-A, pada hari Kamis, 14 September 2023, saya juga mengikuti Pendampingan Individu (PI) bersama pengajar praktik kelompok saya, yaitu Ibu Tri Hendra Puji Astutik. Dalam PI, Ibu Tri menggali pemahaman saya tentang materi di LMS, harapan/kekhawatiran menjadi guru penggerak, aksi nyata, dan portofolio digital. Ibu Tri juga memberikan motivasi untuk tetap sukses dalam kegiatan Pendidikan Guru Penggerak ini.

2. Perasaan (Feelings)

Setelah mempelajari modul 1.2 dan mengikuti serangkaian kegiatan, baik secara mandiri maupun virtual, saya merasa bersemangat dan termotivasi untuk melanjutkan kegiatan ini. Pemahaman saya tentang nilai dan peran guru penggerak membuat saya menyadari pentingnya peran ini dalam mewujudkan perubahan pendidikan di Indonesia. Saya merasa tertantang untuk mengerjakan tugas-tugas ini di sela-sela waktu pekerjaan saya sebagai guru.

Kegiatan kolaborasi, elaborasi, pendampingan, dan lokakarya memberikan pengalaman yang menyenangkan, memungkinkan saya berkomunikasi dan berdiskusi dengan calon guru penggerak lainnya. Berkolaborasi dengan CGP lain memberikan pencerahan dalam berbagi pengalaman dan praktik di sekolah masing-masing. Harapan saya adalah dapat mengimplementasikan konsep-konsep dalam Pendidikan Guru Penggerak ini.

3. Pembelajaran (Findings)

Materi pada Modul 1.2 menarik, membahas perilaku individu yang dipengaruhi oleh pola pikir dan motivasi. Materi tentang cara kerja otak manusia memberikan pencerahan tentang komunikasi yang sesuai dengan karakter individu. Saya belajar tentang 5 kebutuhan dasar manusia, nilai dan peran guru penggerak. Modul ini memberikan motivasi dan pencerahan untuk pengembangan diri sebagai guru penggerak di masa depan.

4. Penerapan (Future)

Setelah memahami nilai dan peran guru penggerak di Modul 1.2, saya termotivasi untuk menerapkannya. Rencana penerapan ini melibatkan merancang pembelajaran berpihak pada murid, mengikuti seminar untuk pengembangan diri, refleksi diri, kolaborasi dengan rekan dan pemangku kebijakan, serta inovasi dalam pembelajaran. Saya berharap dapat mengimplementasikan nilai dan peran guru penggerak ini untuk mendukung perubahan positif dalam pendidikan.

Demikian refleksi dwi mingguan saya tentang Modul 1.2 mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Salam Guru Penggerak!
Tergerak, Bergerak, Menggerakkan


Share this

0 Comment to "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2"

Posting Komentar